Elektro
Ayo Isi Buku Tamu Prodi Kami!

Dapatkan penawaran-penawaran menarik khusus pengisi jalur online.


Sarjana Teknik Elektro

Rp16,000,000 Rp12,800,000
1114

Elektro adalah program studi yang yang mempelajari rangkaian elektronika yang dipakai dalam kehidupan sehari hari sampai dengan Industri. Mahasiswa akan mempelajari ilmu dasar elektronika sampai teknologi yang terbaru dengan tujuan agar lulusan mampu menggunakan, memodifikasi, hingga membuat teknologi baru. Revolusi Industri 4.0 yang menekankan penggunaan komputer dan di ikuti Revolusi Industri 4.0 yang menggunakan teknologi Jaringan dan Internet dalam sistem komunikasi digital merupakan bagian penting di dalam bidang elektro saat ini. Ketrampilan praktis untuk berkarya pada dunia kerja serta menciptakan lapangan kerja sebagai technopreneur merupakan bagian yang juga penting untuk diberikan kepada mahasiswa.

 

Industrial Automation

Bidang Industrial Automation mempelajari sistem pengendalian dan pengawasan mesin-mesin dalam sebuah pabrik dengan peralatan elektronik sehingga dapat bekerja secara otomatis. Peralatan elektronik yang pada umumnya dipergunakan disebut Programmable Logic Controller (PLC)yang juga dapat dihubungkan dengan software aplikasi terintegrasi antara Human Machine Interface (HMI)dan Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA). Bidang ini mempersiapkan lulusan dalam menangani berbagai masalah pengendalian mesin dalam pabrik dengan konsep terintegrasi.

 

Internet of Things

Dunia internet di masa depan akan menjadi wadah penampung seluruh informasi. Informasi pada internet dapat dimanfaatkan untuk membuat peralatan / mesin menjadi otomatis, cerdas, dapat dikendalikan jarak jauh, dan berbagai macam kegunaan lainnya. Pengendalian dapat dilakukan antara mesin dan mesin, ataupun mesin dan smartphone, dan semuanya menggunakan jalur komunikasi internet. Bidang ini mempersiapkan agar lulusan dapat menangani pengendalian berbagai peralatan/mesin melalui jaringan internet yang semakin mudah dan murah.

 

Renewable Power System

Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari proses alam yang berkelanjutan seperti tenaga surya, angin, arus air, proses biologi, ataupun panas bumi. Energi terbarukan merupakan alternatif yang terus dikembangkan guna menjaga ketersediaan energi dan daya listrik. Bidang ini mempersiapkan agar lulusan dapat menangani pemanfaatan daya listrik terbarukan dengan dibantu penerapan distribusi tenaga listrik supaya energi terbarukan bisa tersalur dan terkendali secara efisien.

arda

Stay connected:

2 replies added

  1. Avatar
    lau 12 Dec, 2020 Reply

    mau tanya bisa bikin band pass filter. dan dibuat dalam bentuk pcb substrate ro

Leave your comment